1 MUHARAM 1433H

Puji dan syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan kepada kita ni'mat-Nya.Shalawat dan Salam diaturkan kepada Junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan juga diaturkan kepada para sahabat dan pengikut-penggikutnya sampai ke hari Kiamat.

Dalam usaha untuk mencapai tujuan yang sempurna dan mulia ini maka telah disusun suatu blog untuk pendidikan dan dakwah

VISI KAMI

"Untuk Melahirkan Generasi Rabbani dan Muslim Berakhlak Mulia "





Pohon bidara


Pohon bidara mempunyai manfaat dan kegunaan,diantaranya:

1.Daun Bidara digunakan  memandikan Jenazah
Daun bidara dapat membersihkan kotoran, oleh karena itu Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam berkata kepada para wanita yang sedang memandikan jenazah puteri  beliau zainab “Mandikanlah dia dengan basuhan ganjil, tiga, lima, atau lebih dari itu kalau kalian pandang perlu. Mandikan jenazahnya dengan air dicampur daun bidara, dan basuhan yang terakhir dicampur dengan sedikit kapur barus.” (HR. Al-Bukhori dan Muslim).

Juga sabda Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam tentang seseorang yang berihrom kemudian meninggal karena terlempar oleh untanya sendiri:”Mandikanlah dia dengan air dan daun bidara”(HR Bukhori dan Muslim).
 
2.Daun bidara dignakan untuk Pengobatan Penyakit Sihir dan Guna-guna.
Daun bidara juga bemanfaat-dengan izin Alloh tentunya- untuk pengobatan gangguan sihir, ‘ain (mata jahat)  oleh karena itu para ulama menjelaskan caranya adalah ambil tujuh helai daun bidara yang bagus, kemudian bacakan doa dan ruqyah, tumbuk dan campurkan ke dalam air kemudian air digunakan untuk mandi dan minum si sakit.

Dan termasuk dari faidah Tanaman Bidara sebagaimana disebutkan oleh Ibnul Qoyyim rohimahulloh diantaranya: Buahnya boleh dimakan, mengubati diare, obat untuk penyakit perut, memperkuat fungsi hati dan empedu, meningkatkan nafsu makan, dll.

No comments: